Lifestyle

Mengenal Diet ala Intermittent Fasting

Mengenal Diet ala Intermittent Fasting

Tren diet di kalangan masyarakat sangat populer akhir-akhir ini. Di era sosial media ini mulai banyak orang yang menjaga bentuk tubuh mereka. Selain demi kesehatan, mungkin saja alasan mereka adalah karena mereka tidak ingin terlihat gemuk dan jelek di setiap foto yang mereka unggah ke sosial media mereka.

Berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan pun banyak bertebaran di internet. Mulai dari yang telah teruji, metode baru dan unik bahkan hingga menggunakan obat-obatan yang sebenarnya belu tentun bisa dipertanggungjawabkan. Semua akan dicoba agar mereka bisa tampil dengan tubuh proporsional.

Terlepas dari beberapa metode diet yang pernah populer, ada satu yang sempat viral. Yaitu metode Diet OCD yang notabene merupakan Intermittent Fasting yang dipopulerkan oleh artis kawakan, Deddy Corbuzier. Metode ini bisa dibilang sangat ampuh bagi banyak orang. Namun apakah OCD/Intermittent Fasting itu?

Apakah Intermittent Fasting Itu?

Mengenal Intermittent Fasting
Mengenal Intermittent Fasting

Intermittent Fasting adalah metode puasa ala biksu dimana kita tidak diperbolehkan makan sebelum bekerja terlebih dahulu. Metode ini mengambil filosofi alam dimana makhluk hidup harus bekerja (berburu, mencari makan) jika ingin makan. Oleh karena itu, dalam Intermittent Fasting ini biasanya hanya mengenal dua waktu makan yaitu Breakfasting dan Dinner.

Konsep dari Intermittent Fasting jika kita sederhanakan yaitu : “Tidak makan sejak bangun tidur sampai 6 jam kemudian. Dan hanya diperbolehkan makan sejak waktu kita berbuka puasa hingga rentang waktu 4-8 jam”. Ini tidak jauh berbeda dengan konsep puasa yang dijalankan oleh umat muslim. Hanya saja dalam puasa intermiten ini masih diperbolehkan minum air putih.

Meski terdengar cukup berat, sesungguhnya Puasa Intermiten ini tidak begitu sulit untuk dijalankan. Tidak jauh berbeda dengan berpuasa di bulan Ramadhan (bagi muslim), malah lebih ringan karena masih boleh minum. Dan yang jelas efek yang diberikan bagi tubuh juga tidak main-main. Metabolisme dan HGH merupakan yang paling drastis peningkatannya selain penurunan berat badan tentunya.

Manfaat Intermittent Fasting Bagi Kesehatan

Manfaat Intermittent Fasting bagi kesehatan
Manfaat Intermittent Fasting bagi kesehatan

Selain untuk menurunkan berat badan, ternyata Intermittent Fasting juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sebab peningkatan metabolisme dan kadar HGH (Human Growth Hormone) dalam tubuh ternyata terbukti mampu untuk mengobati sejumlah penyakit. Berikut adalah manfaat Intermittent Fasting bagi kesehatan tubuh kita:

  • Mencegah diabetes
    Intermittent Fasting pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan puasa. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa puasa mampu mengontrol kadar gula darah. Sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.
  • Mengurangi stres
    Dengan berpuasa, otomatis kita akan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan peradangan, stres oksidatif, serta penuaan dini yang banyak disebabkan radikal bebas.
  • Melindungi jantung
    Selain mencegah kenaikan gula darah, Intermittent Fasting juga dinilai mampu mencegah naiknya tekanan darah dan kolesterol buruk yang notabene sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.
  • Mencegah kanker
    Beberapa penelitian menemukan bahwa berpuasa secara rutin dapat membantu menurunkan resiko kanker bahkan berguna sebagai obat tambahan bagi penderita kanker. Karena dengan Intermittent Fasting maka racun yang masuk lewat makanan pun jadi terbatasi.
  • Menyehatkan otak
    Salah satu manfaat Intermittent Fasting bagi kesehatan yang lin adalah pola makan semacam ini dinilai mampu untuk mengurangi resiko penyakit degeneratif otak, termasuk mencegah depresi yang membahayakan sel otak.
  • Mencegah Alzheimer
    Intermittent Fasting mampu mencegah resiko Alzheimer. Ini disebabkan karena pusa dapat memaksimalkan kerja fungsi otak, termasuk dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit ini.
  • Memperpanjang usia
    Ketika semua anggota tubuhmu terjaga kesehatannya lewat Intermittent Fasting, maka secara otomatis usia juga akan jadi lebih panjang.